Etika Makan dan Minum Berdasarkan Sunnah Rasulallah

Makan dan minum dalam ajaran islam banyak hal yang perlu anda perhatikan. Janganlah terbiasa dengan etika perilaku makan dan minum yang salah, karena dalam syariat islam sudah menjelaskan lebih detail apa itu etika makan dan minum yang benar sesuai dengan sunnah Rasulullah.

Berbagai situs di internet menampilkan kulasan menarik etika makan dan minum berdasarkan sunnah Rasulullah part 1 dengan gaya penulisan dan bahasan yang berbeda. Blogiztic akan mengulas etika makan dan minum berdasarkan sunnah Rasulullah part 1 beserta hadisnya sebagai berikut.

Makanan halal
Berupaya untuk mencari makanan yang halal. Allah SWT berfirman: “Wahai orang-orang beriman, makanlah diantara rizky yang baik-baik, yang kami berikan kepadamu”. (Al Baqarah:172)

Berniat
Hendaklah makan dan minum yang kita lakukan diniati agar bisa dapat beribadah kepada Allah dan juga mendapatkan ridho akan makanan dan minuman yang kita dapatkan.

Mencuci tangan
Perlu anda ketahui para pembaca blogiztic, hendaknya mencuci tangan sebelum makan dan membersihkan makan sesudah menyatap hidangan makanan.

Kepuasan dan rela
Hendaknya kamu puas dan rela dengan makanan dan minuman yang ada, dan jangan sekali-kali mencelanya. Abu Hurairah dalam hadisnya menuturkan: “Rasulullah sama sekali tidak pernah mencela makanan. pabila ia suka sesuatu ia makan, dan apabila ia tidak sesuatu maka ia tinggalkan.

Hindari makan sambil bersandar
Hendaknya makan jangan sambil bersandar dan juga membungkuk. Rasullah bersabda: “Aku tidak makan sedangkan aku hanya bersandar”. (HR. Bukhari). Dan didalam hadisnya Ibu Umar menuturkan: “Rasulullah melarang dua tempat untuk makan, yaitu duduk di meja minum khamer dan makan sambil menyungkur”. (HR Abu Daud disahihkan oleh Al-Albani).

 


Comments




Leave a Reply