Picture
Dua buah muatan listrik   q1 = – 1,0μC dan q2 = + 2,0μC  berjarak 0,30 meter. Tentukan besar gaya interaksi kedua muatan tersebut !

 
Perhatikanlah gambar susunan balok yang ditarik dengan gaya F melalui necara pegas. Balok yang bermassa 1,5 kg ditarik dengan gaya yang mula-mula kecil kemudian diperbesar sedikit demi sedikit. Koefisien gesekan balok dengan meja 0,15.

Tentukanlah:

a.
b.

c.
d. Gaya normal pada balok
Bagaimanakah keadaan balok pada saat gaya penariknya sangat kecil sekitar (1 – 5 N)?
Berapakah besar F pada saat balok akan bergerak?
Berapa besar gaya gesekan balok dan meja? Penyelesaian :
Diketahui : m = 1,5 kg


= 0,15 g = 10 Ditanyakan : a. N = ....? b. Keadaan balok = .... ? c. F = .... ? d. f = .... ? Jawab:
Anda dapat menggunakan persamaan gaya gesekan statik di atas untuk menjawab soal-soal tersebut. a. N = m.g
N = 1,5 . 10
N = 15 N b. Dari jawaban di atas N = 15 N, jika F = 1 – 5 N maka balok belum bergerak (diam) c. Balok saat akan bergerak
F = fs
F = . N
F = 0,15 . 15
F = 2,25 N d. fs = . N
fs = 0,15. 15
fs = 2,25 N 2. Sebuah peti 25 kg diam di atas lantai datar yang kasar, untuk menggerakkan peti itu dibutuhkan gaya 60N. Berapakah koefisien gesekan statik antara lantai dan peti?

Penyelesaian :
Diketahui : m = 25 kg F = 60 N g = 10 = ….? Jawab :
Nilai koefisien gesekan yang Anda hitung merupakan nilai koefisien gesekan maksimum karena hal ini terjadi pada benda yang akan bergerak (lihat gambar di atas).
F = fs
F = . mg Bagaimana mudah bukan? Apakah Anda sudah paham? Bagi Anda yang belum paham pelajari kembali contoh soal di atas. Untuk Anda yang sudah paham, lanjutkanlah dengan mengerjakan soal latihan berikut. Ingat jangan dulu melihat jawaban penyelesaian soal sebelum Anda mengerjakannya!
LATIHAN 3 Sebuah kubus massa 2,5 kg diletakkan di atas meja. Koefisien antara balok dan meja 0,50. Tentukanlah gaya tarik minimal pada balok supaya balok itu dapat bergerak lurus beraturan.

Mudah bukan? Bila Anda telah menyelesaikan jawaban soal di atas, samakanlah jawaban Anda dengan penyelesaian berikut ini.

Penyelesaian :
Diketahui :

m = 2,5 kg = 0,50 g = 10 Ditanyakan : F .....? Jawab : Anda dapat menghitung gaya tarik minimal F sama dengan gaya gesekan statik maksimum. F = fs F = . mg F = 0,50 . 2,5.10 F = 12,5 N Bagaimana mudah bukan? Apabila Anda belum paham, pelajari kembali materi tersebut baik-baik. Bagi Anda yang sudah paham Anda dapat melanjutkan ke materi berikut ini Diposkan oleh HIDUPKU di 03:17
 
Picture
Kawat A dan kawat B terpisah sejauh 2 meter dengan kuat arus masing-masing 1 A dan 2 A.




Tentukan dimana kawat C harus diletakkan agar resultan gaya pada C sebesar nol !



pembahasan
Agar resultan gaya magnetik pada C nol, maka kedua gaya akibat pengaruh kawat A dan B harus berlawanan arah. Posisi yang memungkinkan adalah jika kawat C diletakkan di sebelah kiri A atau disebelah kanan B (ingat lagi: Jika kedua arus memiliki arah yang sama maka kedua kawat akan tarik menarik, Jika kedua arus memiliki arah yang berlawanan maka kedua kawat akan saling tolak

Misal ambil posisi C disebelah kiri A dan namakan jaraknya sebagai x



Posisi kawat C adalah 2 meter di kiri kawat A atau 4 meter di kiri kawat B


 
Picture
Perhatikan gambar berikut, resistor-resistor yang ada memiliki hambatan sebesar R1 = 25 Ohm, R2 = 45 Ohm, R3 = 150 Ohm, R4 = 78 ohm, R5 = 18 ohm, R 6 = 55 ohm. Arus yang mengalir melalui R 1 adalah I1 = 0.98 Ampere.






 
Sebuah muatan Q bergerak dengan kelajuan 2 x 104 m/s memasuki suatu daerah yang mengandung medan magnet B dan medan listrik E. Jika muatan tersebut tidak terpengaruh baik oleh gaya magnet maupun gaya listrik tentukan nilai perbandingan kuat medan magnet dan kuat medan listrik di tempat tersebut! Pembahasan
Muatan tidak terpengaruh gaya listrik maupun magnet berarti kedua gaya tersebut adalah sama besar dan berlawanan arah.

Fmagnet = Flistrik

BQV = QE
B/E = 1 / (2 x 104)
B/E = 0,5 x 10− 4 TC/N

 
. balok A bermassa 2 kg. balok  B bemassa 1 kg.balok B mula-mula diam dan kemudian bergerak ke bawah hingga menyentuh lantai  s= 25m setelah selang waku (μk =0,2) ....

Diketahui:

mA=2 kg, mB=1 kg, μk =0,2 dan g=10 m/s2

jawab:

 a =   g

a =   10 m/s2  =2 m/s2

sekarang tinjau benda B dengan 2 m/s2 mulai dari kaeadaan diam sampai menyentuh lantai s=25 m

s=v0t +at2

25=0+2t2

25=t2

t =5 sekon

Referensi: Halliday Resnick

 
. Sebuah perusahaan ekspedisi barang barang baru saja menurunkan sebuah peti seberat 500 N dari truk. Seorang pegawai mengikatkan tali pada peti dan kemudian menyeret peti itu. Dari keadaan diam sampai tepat akan bergerak diperlukan gaya tarik horizontal 230 N. Begitu peti itu bergerak,dia hanya memerlukan gaya 200 N. Berapakah koefisien gesekan statis dan kinetis antara permukaan  peti dan jalan.

Jawab:

F=0

+N- mg=0↔N=mg

        N =500 N

Untuk kasus benda tepat akan  bergerak,gaya gesekannya adalah gaya gesekan stasis maksimum ,fs maks,karena peti belum bergerak,maka berlaku:

 ∑F=0

+P - fs maks =0 ↔ fs maks = P

                          μs  N= P

                          μs= = 0,46

 
Sebuah benda yang massanya ½ kg diikat pada tali kemudian diputar vertikal. Jika panjang tali 0,4 m. Tentukan gaya tegangan tali ketika benda itu membentuk sudut 60°C terhadap vertikal dengan kecepatan 3 m/detik dan tentukan kecepatan kritis yang harus dimiliki benda di titik tertinggi agar benda tidak jatuh.

Jawab: Gaya Sentripetal=

                                                  T – 0,5 . 10. 0,5 = 0,5 . /0,4

                                                  T – 2,5 = 11,25

                                                  T= 13,75 N

              Pada saat di titik tertinggi B,maka θ=180° dan T=0 maka T – W cos 180°= m.

0 – 0,5.10 – 1 = 0,5

5 = 0,5 .

 

V = 2 m/s

 
Dua planet P dan Q mengorbit matahari. Perbandingan antara periode revolusi planet P dan Q mengitari matahari 8:1. Apabila jarak planet Q ke matahari 1,6 satuan astronomi.Tentukan jarak planet P ke matahari!

Jawab:

            .

                   = . 1,6 Sa

              =  4,678 Sa

38. Bulan dan planet jupiter masing-masing mempunyai perbandingan jari-jari 2:3 . Jika periode revolusi bulan 2 tahun periode revolusi. Berapakah periode revolusi jupiter?

Jawab:                                                                                                             

 

 

 8

     = 13,5

     = 3,67 Sa

Referensi: Fisika Dasar 1 Buku Panduan Mahasiswa (untuk  nomor 38 – 41)

 
Referensi: Dasar-dasar Fisika Universitas Edisi Kedua (untuk nomor 34-35)

34. Berat seseorang di bum 900 N. Ia pergi ke planetyang massanya 5 kalimassa bumi dan jari-jarinya 2 kali jari-jari bumi. Berapakah berat orang itu dipermukaan planet?

Diketahui:

                  

                  

Ditanyakan:

Jawab: W= m.g